+ Reply to Thread
Results 1 to 9 of 9

Thread: -== Lagu/Lirik Pemanggil Arwah Kuntilanak ==-

  1. #1
    Super duck bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_'s Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    -== Copenhagen - Denmark - Medan - Aceh ==- Posts: 1
    Posts
    5,048

    Thumbs up -== Lagu/Lirik Pemanggil Arwah Kuntilanak ==-

      Related Links
    tau kuntilanak ? udah pernah nonton filmnya?
    ingat lagu yang dinyanyikan sama julie estelle? itu biasa disebut durmo

    judul lagunya lengsir wengi

    lirik lagunya begini :

    "Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
    Ojo Tangi nggonmu guling
    awas jo ngetoro
    aku lagi bang wingo wingo
    jin setan kang tak utusi
    jin setan kang tak utusi
    dadyo sebarang
    Wojo lelayu sebet..."


    Tapi ‘ngga usah takut, itu bukan "mantra" pemanggil kuntilanak asli. Sebenarnya Durma itu adalah salah satu pakem lagu dalam Macapat. Macapat adalah kumpulan lagu Jawa yang mencakup 11 pakem (Dandhanggula, Mijil, Pocung, Megatruh, Gambuh, Sinom, Maskumambang, Pangkur, Durma, Asmarandana, dan Kinanthi). Tradisi Macapat ini diperkirakan dah mulai ada sejak jaman akhir kerajaan Majapahit.

    kira-kira artinya kayak gini:

    Menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna...
    Jangan terbangun dari tidurmu...
    Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)...
    Aku sedang gelisah,
    Jin setan ku perintahkan
    Jadilah apapun juga,
    Namun jangan membawa maut...

    Setiap jenis pakem itu ada rumusnya (misal terdiri berapa baris; berapa suku kata; dan bunyi
    vokal tiap akhir baris). Jadi Durma pun punya rumus juga, dan Tembang Durma itu nggak
    cuma satu macam tapi banyak judulnya. Yang di muat di film itu cuma salah satunya. Rumus
    pakem lagu Durma adl: 12-a; 7-i; 6-a; 7-a; 8-i; 5-a; 7-i.

    Setiap tembang dalam Macapat mencerminkan watak yang berbeda-beda. Durma, disebut sebagai bagian Macapat yang mencerminkan suasana/sifat keras, sangar, dan suram. Bahkan kadang mengungkapkan hal-hal yg angker dlm kehidupan. Cocok tuh, kalo film Kuntilanak mengekspos tembang ini.

    Dalam tradisi Jawa, ada istilah Tembang Dolanan (Lagu Mainan). Yang dimaksud adalah lagu
    yang dipakai untuk ritual permainan magis Jawa. Misal, ada lagu untuk memainkan
    Jalangkung; ada lagu untuk memanggil roh dlm permainan boneka Ni Thowong; dsb. Ada pula
    lagu yang dipercaya bisa memanggil buaya di sungai (dari pakem Megatruh), dan oleh orang
    Jawa sampai saat ini masih menjadi mitos larangan untuk dinyanyikan di sungai.

    Tapi untuk lagu-lagu ritual, biasanya nggak berdiri sendiri untuk memfungsikannya. Lagu itu
    dinyanyikan dengan iringan syarat ritual yg lain. Tiap ritual syarat/sesajinya biasanya sangat
    spesifik, jadi kalo tidak memakai sesaji itu ya lagu yg dinyanyikan nggak akan ngefek.

    Tapi ada sih, adat dari Malaysia, ada lagu buat manggil kuntilanak (anw, kalo di Malaysia namanya Pontianak), tapi tak tahu gw lagunya.. haha.. (biar tau juga ga mao dipanggil juga si.. serem gila)

    Songs on Malay traditional poetry regarding Pontianak
    These songs are very old work never resembled the new approach. The second song is on paganism on some sort of magical wonders. Take note the date of the lyrics, a crappy lyrics though. They do get very demonic. We SPI never advocate such evil stuff. They are posted up here for your reference only, and to show you how evil the Pontianak or its concept is.

    O ye mosquito-fry at the river's mouth
    When yet a great way off, ye are sharp of eye,
    When near, ye are hard of heart.
    When the rock in the ground opens of itself
    Then (and then only) be emboldened the hearts of my foes and opponents!
    When the corpse in the ground opens of itself
    Then (and then only) be emboldened the hearts of my foes and opponents!
    May your heart be softened when you behold me,
    By grace of this prayer that I use, called Silam Bayu."

    (yg diterjemahkan ama penulis Inggris)

    "O Pontianak the Stillborn,
    May you be struck dead by the soil from the grave-mound.
    Thus (we) cut the bamboo-joints, the long and the short,
    To cook therein the liver of the Jin (Demon) Pontianak.
    By the grace of 'There is no god but God," etc.

    (yg diterjemahkan ama penulis Inggris)

    Di adat Jawa, ada lagu lain untuk "manggil" setan:

    Sluku-sluku bathok, bathok'e ela-elo
    Si romo menyang solo, oleh-oleh'e payung muntho
    Mak jenthit lo-lo lobah, wong mati ora obah
    Yen obah medheni bocah...

    Dulu sebelum ada mainan2 canggih kayak sekarang, yg ada cuma mainan tradisional. Anak2 Jawa punya tradisi, kalo bulan purnama mereka bikin boneka dari keranjang bunga yg habis dipakai buat ziarah (kayak Jelangkung). Trus bikin sesaji bunga tujuh rupa, sirih, dan tembakau, ditaruh di salah satu pinggir sungai. Pas malam bulan purnama, anak2 mengelilingi boneka itu sambil menyanyikan lagu tadi. Lagu itu dinyanyikan berulang kali sambil memegang boneka, dan lalu...
    Boneka akan bergerak... agresif...!
    Itu artinya roh penunggu sungai telah masuk ke boneka dan mau diajak bermain. Permainannya, boneka itu harus terus dipegang dan roh boneka itu akan membawa pemegangnya berlari-lari kemana-mana, lalu ini dijadikan permainan kejar-kejaran. Siapa yg kelelahan akan 'ditangkap' oleh 'boneka hidup' itu, dipukuli dengan kepala boneka yg biasanya dibuat dari tempurung. Yang menggerakkan adl roh di dlm boneka itu.
    Permainan ini disebut Ni Thowong, ato Ninidok, ato ada lagi yg nyebut Nini Thowok.

    Permainan tersebut emang lazim dimaenin ama anak2 jaman dulu, soalnya jaman dulu blom ada mal, ga ada bioskop, ga ada playstation, dll.. Kalo anak2 jaman sekarang suruh maen gitu mao kaga ya? hahaha..

    Mantra penanggulangannya

    Nga tha ba ga ma,
    Nya ya ja dha pa,
    La wa sa ta da,
    Ka ro co no ho. (di baca 7 kali)

    Kalo diamati, mantra diatas sebenarnya adalah ejaan huruf Jawa tapi disusun terbalik. Itu disebut Caraka Walik, mantra Jawa Kuno untuk menangkal roh jahat.

  2. #2
    Imum Mukim sandy_disa1406 is a jewel in the rough sandy_disa1406 is a jewel in the rough sandy_disa1406 is a jewel in the rough sandy_disa1406 is a jewel in the rough sandy_disa1406's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Di hati seorang wanita yang kusayang
    Posts
    2,485

    Default

    nyimak mode on .
    "jangan memandang seseorang dari mulut orang lain"

  3. #3
    Super duck bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_'s Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    -== Copenhagen - Denmark - Medan - Aceh ==- Posts: 1
    Posts
    5,048

    Default

    ^^^ liat kanan kiri san

  4. #4
    Imum Mukim sandy_disa1406 is a jewel in the rough sandy_disa1406 is a jewel in the rough sandy_disa1406 is a jewel in the rough sandy_disa1406 is a jewel in the rough sandy_disa1406's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Di hati seorang wanita yang kusayang
    Posts
    2,485

    Default

    udah


    cuma ada sarung2 HP sama batre2 HP

    kalo di belakang lu liat....
    "jangan memandang seseorang dari mulut orang lain"

  5. #5
    Super duck bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_'s Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    -== Copenhagen - Denmark - Medan - Aceh ==- Posts: 1
    Posts
    5,048

    Default

    dibelakang gw ada cendol nih san

    ama bubur, jadi lapar

    gw makan dulu deh san

  6. #6
    Imum Mukim sandy_disa1406 is a jewel in the rough sandy_disa1406 is a jewel in the rough sandy_disa1406 is a jewel in the rough sandy_disa1406 is a jewel in the rough sandy_disa1406's Avatar
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Di hati seorang wanita yang kusayang
    Posts
    2,485

    Default

    ikut .
    "jangan memandang seseorang dari mulut orang lain"

  7. #7
    Panglima Sagoe wall_spy_were is just really nice wall_spy_were is just really nice wall_spy_were is just really nice wall_spy_were is just really nice wall_spy_were's Avatar
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Dihati para member
    Posts
    9,079

    Default

    bebek paham juga ama yang gituan salut sama bebek..!!
    besok plg dari medan minta belajar ama bebek ajj

  8. #8
    Peutua killua is on a distinguished road killua's Avatar
    Join Date
    Aug 2007
    Location
    devil palace
    Posts
    695

    Default

    bebek muridnya mbah roso ya??
    kalo doa pemanggil roh artis/selebritis ada nggak?
    hidup itu cuma perpindahan satu masalah ke masalah lainnya

  9. #9
    Super duck bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_ is a jewel in the rough bebek_aceh_'s Avatar
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    -== Copenhagen - Denmark - Medan - Aceh ==- Posts: 1
    Posts
    5,048

    Default

    ^^^ mau manggil siapa?

    nike ardila ?

    alda?

    doyok ?

    dono?

    apa kasino ?

+ Reply to Thread

Similar Threads

  1. -== Lagu Pemanggil Kuntilanak ==-
    By bebek_aceh_ in forum Music
    Replies: 0
    Last Post: 03-06-2009, 08:52 AM
  2. Lirik lagu indonesia
    By RauL in forum Music
    Replies: 6
    Last Post: 08-24-2008, 09:28 PM

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts