UKM atau usaha kecil menengah saat ini berkembang dengan pesat akan tetapi memiliki beberapa kendala seperti pembiayaan. Pemerintah memberikan solusi untuk pinjaman modal untuk UKM dengan KUR atau kredit usaha rakyat. Jenis kredit ini diberikan oleh pemerintah lewat bank ke UMKM atau koperasi yang sudah feasible atau layak dan berpotensi namun belum bankable.

Untuk penyaluran KUR sendiri dapat dilakukan dengan cara langsung ataupun tidak langsung. Jika menggunakan cara yang langsung maka dilakukan sendiri oleh koperasi ke UMKM dengan mendatangi atau mengakses ke kantor KUR yang berada di kantor cabang ataupun kantor cabang pemantau bank pelaksana. Sedangkan jika disalurkan tidak langsung maka UKMM dan koperasi tersebut dapat mengakses KUR dengan melalui lembaga keuangan mikro atau lewat kegiatan linkage yang bekerja sama langsung dengan bank pelaksana.

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan KUR hingga jumlah plafon Rp 500 juta. Pertama adalah pastikan jika usaha yang Anda miliki tersebut merupakan usaha yang produktif. Kedua adalah menyiapkan dokumen yang sudah ditentukan seperti:

- Kartu identitas (KTP, KK, keterangan domisili).
- Legalitas usaha seperti akte pendirian usaha.
- Ijin usaha atau SIUP dan TDP.
- Laporan keuangan.
- Proposal usaha.

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan sebelum Anda mengajukan KUR untuk pinjaman modal untuk UKM, yaitu:

- Datangi kantor bank yang merupakan penyalur KUR. Jangan lupa saat Anda mendatangi bank tersebut untuk mengajukan pinjaman, jangan lupa untuk meminta informasi terkait dengan kejelasan cara untuk mendapatkan penyaluran KUR tersebut.
- Ikuti prosedur untuk mendapatkan pinjaman rakyat tersebut. Siapkan dokumen yang dibutuhkan dan diminta oleh bank pelaksana kemudian Anda hanya perlu menunggu keputusan dari perbankan tersebut.
- Nantinya bank akan melaksanakan survey untuk mencari tahu informasi yang dibutuhkan misalnya apakah usaha Anda tersebut pantas atau sesuai untuk jaminan kredit rakyat tersebut atau tidak. Jika memenuhi syarat maka Anda akan mendapatkan uang pinjaman dari KUR tersebut.

Selain pinjaman modal untuk usaha, anda juga bisa membuka tabungan tanpa biaya administrasi yang membantu anda saat menabung untuk masa depan.